Kamis, 09 November 2017

Laporan Wisata Edukasi 2017

Pada tanggal 19 Oktober 2017 saya berangkat ke sekolah dengan perasaan gembira. Karena,  rencananya hari itu saya dan teman teman saya akan berangkat ke Puspitek Serpong dan juga ke Skyworld dan Museum Air Tawar TMII (Taman Mini Indonesia Indah).
Saya sampai di sekolah jam 6:09 kemudian menunggu panggilan untuk melaksanakan apel. Kemudian kami dipaggil untuk melaksanakan apel. Apel berlangsung cukup lama. Ada sambutan dari kepala sekolah (Pak Asdi), dan dilanjutkan dengan guru2 lainnya. Kemudian, kita berdoa bersama. Lalu, kami diperintahkan untuk masuk ke bus masing masing kelas.
Saat mulai perjalanan kami berdoa terlebih dahulu. Di perjalanan saya danteman teman mengobrol dan juga mendengarkan lagu lagu yang diputar lewat speaker bus. Ada teman saya yang memakan jajanan yang dibawa dari rumah, ada yang mendokumentasikan perjalanan di bus, da nada juga yang tidur.
Sesampainya di Puspitek Serpong kami dikumpulkan di Auditorium Pusitek untuk mendengarkan sambutan oleh pengelola Puspitek kepada guru Labschool. Ada video tentang Puspitek juga. Tidak lupa lagi teman teman saya mendokumentasikannya. Kemudian, kami naik ke bus kembali, untuk mendatangi lab yang berbeda beda sesuai dengan kelompok / kelas masing masing. Sampai di depan lab, kami absen terlebih dahulu. Dikarenakan waktunya yang terbatas, kami hanya mengunjungi masing masing satu lab. Seharusnya, kami mengunjungi semua lab (keempat lab). Kelompok saya mengunjungi lab pembuatan magnet. Di situ kami dikenalkan dengan alat pembuat magnet atau alat alat yang bersangkutan dengan magnet. Yang pertama, kami dikenalkan dengan alat Magnetizer yang berfungsi untuk memberikan kandungan magnet ke suatu logam dan juga melepaskan kandungan magnet dari suatu logam. Yang kedua, kami dikenalkan dengan alat yang bernama VSM ( Vibrating Sample Magnetometer) yang berfungsi untuk mengukur kandungan magnet. Setelah itu, kami kembali ke tempat berkumpul awal untuk foto bersama.
Lalu, kami kembali ke bus karena, kami akan melanjutkan perjalanan menuju TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Sebelum melanjutkan perjalanan, kami menunggu teman yang lain sambal diberikan makan siang yaituayam goreng tepung (KFC). Setelah menunggu dan diberikan waktu untuk makan selama 30 menit akhirnya bus kami jalan. Kami harus mengganti pakaian menjadi kaos angkatan. Ada beberapa yang mengganti pakaian di bus ada juga yang ingin mengganti pakaian saat sudah sampai di TMII. Setelah menunggu perjalanan 2 jam perjalanan kami sampai di TMII. Kami Sholat Dzuhur terlenbih dahulu dan juga mengganti pakaian menjadi kaos angkatan. Kemudian, kami kembali ke bus untuk pergi ke Skyworld. Hanya dalam perjalanan sekitar 5 menit kami sampai di Skyworld. Sampai di Skyworld kami ke sebuah ruangan seperti teater terlebih dahulu, untuk menyaksikan sebuah video / film tentang tata surya kita. Video itu berudrasi 1 jam. Lalu, kami masuk ke dalam Skyworld. Di depan Skyworld banyak sekali pajangan pajangan astoronot seperti baju astronot roket dan lain lain. Saat memasuki Skyworld ada banyak miniature miniature roket roket beserta penjelasanya ada juga computer / layar yang memberikan informasi seputar angkasa. Ada sebuah lorong yang beirisi sejarah sejarah angkasa ada juga foto foto tokoh tokoh yang berjasa di bidang angkasawan. Kami juga diberikan waktu untuk mengisi lembar kerja yang sudah dibagikan oleh guru. Kemudian, kami menyaksikan film 5 dimensi, kelompok saya menyaksikan film roller coaster. Setekah itu, kami diberikan waktu untuk membeli jajanan atau makanan atau minuman karena, cuaca saat itu sedang hujan dan sangat dingin. Guru kami juga membagikan pizza kepada kami.

Kemudian, kami diperintahkan untuk masuk ke planetarium. Di dalam planetarium saya terkejut ksrena layarnya sangat besar. Kami menonton film tentang angkasa lagi. Setelah menonton film tersebut selama 30 menit, kami dikumpulkan di luar planetarium. Kemudian kembali ke bus masing masing untuk perjalanan menuju Masjid Diponegoro untuk melaksanakan Sholat Ashar dan Maghrib. Saat di dalam bus, ada teman kami yang tertinggal. Ternyata, mereka berada di bus lain. Sampai di Masjid Diponegoro, kami melaksanakan Sholat Ashar terlebih dahulu. Kemudian, menunggu datangnya waktu Sholat Maghrib. Saat datang waktu Sholat Maghrib, kami melaksanakan waktu Sholat Maghrib berjamaah. Kemudian, kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan pulang ke sekolah.